Branding mutlak sangatlah penting dalam bisnis Anda sebab semua peran yang ia timbulkan berpengaruh besar dalam bisnis Anda. Branding dapat merubah bagaimana persepsi masyarakat luas mengenai perusahaan Anda yang akan meningkatkan profit bisnis Anda dan meningkatkan brand value (nilai brand). Tapi juga dapat berbalik menyerang Anda jika Anda menghasilkan image yang buruk tentang brand Anda.

“Definisi strategi branding yang baik adalah niat yang dipertimbangkan untuk peran positif yang ingin dimainkan perusahaan dalam kehidupan konsumen yang dilayaninya dan komunitas di sekitarnya.” — Neil Parker

Berlawanan dengan kepercayaan kebanyakan orang, branding bukanlah taktik pemasaran yang hanya digunakan oleh perusahaan besar. Sebaliknya, branding sangat berkaitan dengan akal sehat dan sangat dipengaruhi oleh pasar tempat Anda berada dan level yang ingin Anda mainkan. Branding melibatkan perpaduan antara kompetensi dan aktivitas yang berbeda, sehingga biayanya dapat sangat berbeda dari kasus ke kasus.

Branding Dapat Meningkatkan Nilai Bisnis

Citra yang ada pada brand Anda sangat penting ketika Anda mencoba membangun bisnis berkelanjutan. Brand juga dapat meningkatkan nilai bisnis dengan memberi perusahaan lebih banyak pengaruh positif didalam industri, perusahaan Anda akan dinilai sebagai peluang investasi yang lebih menarik karena tempatnya yang mapan di pasar.

Hasil dari proses branding adalah merek, dan reputasi yang menyertainya. Reputasi yang kuat berarti merek yang kuat yang dan bisa berarti juga pangsa pasar yang dominan, memiliki hak untuk mematok harga premium, dan sebagainya.

Tidak hanya nilai bisnis, brand Anda juga akan mendatangkan konsumen baru, menigkatkan kebanggaan pada karyawan yang bekerja apada perusahaan Anda, dan membangun kepercayaan yang kuat didalam pasar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *