Sosial media telah menjadi bagian integral dari kehidupan kita sehari-hari dan telah mengubah cara kita berkomunikasi, berinteraksi, dan berbisnis. Pada saat ini, banyak UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) yang memanfaatkan sosial media sebagai salah satu alat pemasaran mereka. Namun, pengaruh sosial media terhadap UMKM tidak hanya terbatas pada pemasaran, tetapi juga mempengaruhi bisnis secara keseluruhan.

Pengaruh positif sosial media terhadap UMKM

1. Meningkatkan eksposur bisnis

Sosial media memberikan platform yang sangat luas dan dapat diakses oleh semua orang di seluruh dunia. Dengan menggunakan sosial media, UMKM dapat menjangkau audiens yang lebih besar dan lebih luas daripada hanya menggunakan media tradisional seperti televisi, radio, atau koran.

2. Meningkatkan interaksi dengan pelanggan

Sosial media memungkinkan UMKM untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan mereka dengan cara yang lebih mudah dan cepat. UMKM dapat menjawab pertanyaan pelanggan, memberikan umpan balik, dan merespons masalah pelanggan dengan cepat dan efektif.

3. Menjaga hubungan dengan pelanggan

Sosial media memungkinkan UMKM untuk memperbarui pelanggan mereka tentang produk, promosi, dan kegiatan terbaru dengan mudah. Hal ini memungkinkan UMKM untuk membangun hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan mereka dan meningkatkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan.

4. Biaya pemasaran yang lebih rendah

Sosial media memungkinkan UMKM untuk mempromosikan bisnis mereka dengan biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan media tradisional. UMKM dapat memanfaatkan platform sosial media secara gratis atau dengan biaya yang sangat terjangkau untuk mempromosikan bisnis mereka.

Pengelolaan sosial media secara konsisten menjadi kunci dalam memajukan sebuah UKM yang baru ingin berkembang. Konten yang dibuat juga harus memiliki tujuan yang tepat dalam menjangkau pasar. Konten tersebut dibuat dengan konsisten dan sangat bermakna dalam hal mendukung penujalan produk atau jasa dari UKM tersebut. Kreativisual.id mempermudah para ukm dalam hal mengisi dan membuat konten-konten yang segar dan memudahkan para pemilik ukm dalam menjalankan sosial medianya. Dengan memiliki SDM yang handal dalam proses pembuatan konten di dunia maya maka para pemilik ukm tidak perlu repot dalam mencari ide-ide dalam peranan hal tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *